bisnis kelompok

Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Bisnis Kelompok

Posted on

Bisnis menjadi sebuah solusi konkrit sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup. Kebanyakan orang terutama di Indonesia memiliki pola pikir menjadi pegawai negeri dengan pekerjaan dan penghasilan tetap.

Ini merupakan mindset yang telah lama berkembang pada masyarakat dan menjadi sebuah titik tujuan yang hendak dicapai. Sebenarnya yang menjadi fokus harapan kebanyakan orang adalah memiliki penghasilan tetap setiap bulan.

Jika seseorang memiliki pola pikir seperti itu maka kemungkinan untuk berwirausaha sangat minim bahkan cenderung tidak mau. Sebenarnya pola pikir ini yang membuat banyaknya tingkat penganguran dan rendahnya kualitas hidup masyarakat. Selain itu hal ini juga berpotensi timbulnya nepotisme pada pada rekrutmen tenaga kerja.

Maka sudah saatnya bagi kita untuk berpikir tentang bisnis dan tidak hanya mengharapkan pekerjaan tetap sebagai pegawai. Bisnis merupakan kegiatan menyediakan barang atau jasa yang dijual atau ditukarkan dengan uang.

Pertukaran barang atau jasa dengan uang ini membutuhkan konsumen atau pembeli. Sehingga dalam memilih sebuah usaha yang akan dijalankan harus mengetahui apa yang sangat dibutuhkan kebanyakan orang.

Hal ini dapat disebut dengan membaca potensi pasar yang nantinya akan mempengaruhi hasil penjualan barang atau jasa anda. Jika anda bermaksud berperan sebagai distributor maka dengan membaca potensi pasar anda dapat menentukan barang apa yang akan anda sediakan. Hal yang sama juga berlaku jika anda hendak menjalankan usaha produksi sebuah barang.

Dalam hal lain, anda juga memiliki pilihan dalam menjalankan sebuah usaha. Apakah usaha itu anda jalankan sendiri atau kerjasama dengan pihak lain dalam pengelolaannya.

Sebenarnya dengan bekerja sama akan lebih memudahkan anda dalam hal pengelolaan. Misalnya dengan membentuk sebuah kelompok usaha yang akan mengelola sebuah usaha.

Dengan membentuk sebuah kelompok usaha juga akan memudahkan anda mendapatkan sumber modal. Dengan iuran yang disepakati dan pengelolaan yang jelas, hal ini berpotensi besar untuk kemajuan bisnis yang dijalankan. Jika usaha itu mengalami sebuah kerugian, maka kerugian tersebut juga akan menjadi beban semua anggota kelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *