Manfaat Berhenti Merokok

Posted on

Manfaat Berhenti Merokok

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner adalah dengan menghindari asap rokok. Jangan pernah mulai merokok. Jika sudah merokok, keluarlah. Tidak peduli berapa banyak atau berapa lama Anda merokok, berhenti akan menguntungkan Anda.Selain itu, usahakan untuk menghindari asap rokok bekas. Jangan pergi ke tempat di mana merokok diperbolehkan. Mintalah teman dan anggota keluarga untuk tidak merokok di rumah dan mobil. Obat Jantung Bocor

Berhenti merokok akan menguntungkan jantung dan pembuluh darah Anda. Sebagai contoh:

Di antara orang-orang yang didiagnosis dengan penyakit jantung koroner, berhenti merokok sangat mengurangi risiko serangan jantung berulang dan kematian kardiovaskular. Dalam banyak penelitian, pengurangan risiko ini telah mencapai 50 persen atau lebih.

Risiko penyakit jantung yang terkait dengan merokok mulai berkurang segera setelah Anda berhenti merokok, dan bagi banyak orang terus menurun seiring berjalannya waktu.

Risiko aterosklerosis dan pembekuan darah terkait merokok menurun seiring berjalannya waktu setelah Anda berhenti merokok.

Berhenti merokok dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak, atau lebih dari, obat-obatan biasa yang digunakan untuk menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk aspirin, statin, beta bloker, dan penghambat ACE.

Strategi untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok itu mungkin, tapi bisa sulit. Jutaan orang telah berhenti merokok dengan sukses dan tetap bukan perokok. Survei perokok dewasa saat ini menemukan bahwa 70 persen mengatakan mereka ingin berhenti merokok.

Ada beberapa cara untuk berhenti merokok, termasuk berhenti sekaligus (pergi “kalkun dingin ‘) atau perlahan mengurangi jumlah rokok yang Anda merokok sebelum berhenti sepenuhnya. Gunakan metode yang paling sesuai untuk Anda. Berikut adalah beberapa strategi untuk membantu Anda berhenti.

Siap Untuk Berhenti

Jika Anda ingin berhenti merokok, cobalah termotivasi. Buatlah daftar alasan mengapa Anda ingin berhenti. Tuliskan kontrak kepada diri Anda sendiri yang menguraikan rencana Anda untuk berhenti merokok.

Jika Anda sudah mencoba berhenti merokok di masa lalu, pikirkanlah usaha itu. Apa yang membantu Anda selama waktu itu, dan apa yang membuat lebih sulit?

Tahu apa yang memicu Anda untuk merokok. Misalnya, apakah Anda merokok setelah makan, saat mengemudi, atau saat Anda stres? Kembangkan rencana untuk menangani setiap pemicu.

Dapatkan Dukungan

Tetapkan tanggal berhenti, dan biarkan orang-orang yang dekat dengan Anda mengetahuinya. Mintalah keluarga dan teman Anda untuk mendukung usaha Anda untuk berhenti merokok.

Anda juga bisa mendapatkan dukungan dari hotline dan website. Contohnya termasuk 1-800-QUIT-NOW dan smokefree.gov. Sumber daya ini dapat membantu Anda membuat rencana untuk berhenti merokok.

Dapatkan Pengobatan dan Gunakan dengan Benar

Bicarakan dengan dokter dan apoteker Anda tentang obat-obatan dan produk bebas yang dapat membantu Anda berhenti merokok. Obat-obatan dan produk ini sangat membantu banyak orang.

Anda bisa membeli permen karet nikotin, tambalan, dan pelega tenggorokan dari toko obat. Obat lain yang bisa membantu Anda berhenti merokok tersedia dengan resep dokter.

Pelajari Keterampilan dan Perilaku Baru

Cobalah aktivitas baru untuk mengganti rokok. Misalnya, daripada merokok setelah makan, berjalanlah cepat di lingkungan sekitar atau di sekitar gedung kantor Anda. Ambillah rajutan, pertukangan, atau hobi dan aktivitas lain yang membuat tangan Anda sibuk. Cobalah untuk menghindari orang lain yang merokok. Tanyakan kepada orang-orang yang tidak dapat Anda hindari untuk menghormati usaha Anda untuk berhenti merokok dan tidak merokok di sekitar Anda.

Hapus rokok, asbak, dan korek api dari rumah, kantor, dan mobil Anda. Jangan merokok sama sekali-bahkan tidak ada satu pun. Selain itu, usahakan hindari alkohol dan kafein. (Orang yang minum alkohol cenderung mulai merokok lagi setelah berhenti merokok.)

Disiapkan untuk Penarikan dan Kambuh

Bersiaplah untuk tantangan penarikan. Gejala penarikan sering berkurang setelah hanya 1 atau 2 minggu tidak merokok, dan setiap dorongan untuk merokok berlangsung hanya beberapa menit.

Anda bisa mengambil langkah untuk mengatasi gejala penarikan. Jika Anda merasa seperti merokok, tunggulah beberapa menit untuk dorongan untuk melewatinya. Ingatkan diri Anda akan manfaat berhenti merokok. Jangan kewalahan – mengambil tugas satu langkah pada satu waktu.

Jika Anda kambuh (tergelincir dan merokok setelah Anda berhenti merokok), pertimbangkan apa yang menyebabkan tergelincir. Apakah Anda stres atau tidak siap menghadapi situasi yang Anda kaitkan dengan merokok? Buat rencana untuk menghindari atau menangani situasi ini di masa depan.

Menjadi frustrasi dengan slip Anda hanya akan membuat lebih sulit untuk berhenti di masa depan. Terimalah bahwa Anda tergelincir, belajar dari tergelincir, dan bersiap untuk berhenti merokok.

Jika Anda mulai merokok secara teratur lagi, jangan berkecil hati. Sebagai gantinya, cari tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk kembali ke jalur sehingga Anda dapat memenuhi tujuan Anda. Tetapkan tanggal keluar yang baru, dan mintalah keluarga dan teman Anda untuk membantu Anda. Kebanyakan orang yang merokok berulang kali mencoba berhenti sebelum melakukannya dengan sukses. Obat Jantung Bocor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *