Manfaat Jahe Yang Belum Kamu Ketahui

Posted on

Kali ini kita tidak akan membahas masalah jerawat dan bekas nya, namun kita akan membahas salah satu tanaman rempah-rempah yang sangat popular di Indonesia yaitu jahe. Ada yang sudah mengenal jahe? Jika belum, simak penjelasan berikut ini.

cara menghilangkan bekas jerawat

Jahe adalah salah satu tanaman rimpang yang banyak digunakan sebagai bahan obat dan rempah-rempah. Tumbuhan dengan rasa pedas ini diketahui banyak mempunyai kandungan senyawa yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Tanaman yang berasal dari India ini diketahui hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis saja serta penanamannya hanya dapat dilakukan di daerah katulistiwa saja seperti Brasil, Asia Tenggara, dan Afrika.

Jahe biasa digunakan sebagai penghangat badan serta pereda mual. Walaupun demikian, kebanyakan orang masih belum tahu manfaat apa saja yang terdapat dalam jahe ini.

Berikut adalah 2 manfaat jahe yang perlu untuk Anda ketahui:

1. Meredakan rasa pegal

Tanaman dengan rasa pedas ini selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, jahe juga bermanfaat untuk meredakan rasa pegal. Senyawa gingerol yang terdapat pada jahe diklaim bisa meredakan pembengkakan, rasa pegal, dan peradangan.

Selain mampu meredakan rasa pegal, jahe juga dinilai efektif bisa osteoarthritis, meredakan peradangan, dan encok. Penelitian terbaru menunjukan bahwa minyak jahe sebanyak 33 mg/kg yang diberikan kepada tikus selama 26 hari, ternyata berhasil meredakan pembengkakan pada tulang sendinya. Walaupun demikian, penelitian mengindikasikan bahwa ektrak jahe lebih efektif untuk mencegah kerusakan tulang sendi dan peradangan.

2. Menurunkan gula darah

Diabetes melitus merupakan gangguan yang paling sering terjadi pada sistem endokrin, yang menyebabkan komplikasi pada pembuluh darah. Pada beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa keefektifan jahe dalam melawan diabetes serta komplikasi diabetes.

Pada berbagai penelitian juga diketahui bahwa jahe mmpunyai senyawa anti-diabetes. Akhani dkk dalam penelitiannnya melaporkan bahwa pretreatment dengan jahe sanggup menghalangi seseorang dari kadar insulin yang rendah serta kemungkinan gula darah tinggi.

Penelitian terbaru yang dituliskan pada sebuah jurnal internasional Complementary and Integrative Medicine yang berjudul “The Effect of Ginger (Zingiber officianale) on Glycemic Markers in Patients with Type 2 Diabetes” menunjukan bahwa jahe adalah musuh bagi diabetes tipe 2. Jahe mempunyai banyak kandungan yang bisa menurunkan kadar gula darah. Peradangan, oksidasi, kadar insulin yang rendah pada tubuh, yang mana semuanya itu mengarah pada gangguan kesehatan jantung yang menjadi penyebab utama adalah tidak sehatnya seseorang.

Itulah manfaat lain dari jahe selain sebagai penghangat tubuh. Namun jika anda ingin mendapatkan informasi lain seputar jahe seperti cara menghilangkan bekas jerawat, anda bisa mengunjungi atinaa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *