Dapatkah Anak Tumbuh Sehat Tanpa Imunisasi?

Posted on

Ada beberapa orangtua yang beranggapan bahwa imunisasi hanya akan menyebabkan anak mudah sakit dan meracuni saja. Lalu bagaimana bila anak tidak divaksinasi? Apakah menjamin untuk tidak sakit? Seperti yang sudah diketahui bahwa vaksinasi adalah salah satu upaya pencegahan dengan memberikan vaksin berupa virus yang telah dilemahkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari ancaman beberapa penyakit. Tubuh kemudian akan melawan dengan sistem kekebalan tubuh yang kemudian akan membentuk antibodi bila suatu saat virus tersebut datang untuk menyerang tubuh. Pemerintah mewajibkan 5 vaksinasi yang diberikan untuk anak usia balita yaitu Hepatitis, BCG, Polio, DPT dan campak.

Dapatkah Anak Tumbuh Sehat Tanpa Imunisasi

Di Indonesia, beberapa imunisasi bayi wajib diberikan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Mengingat betapa bahaya dan mudah menularnya penyakit tersebut, pemerintah akhirnya memutuskan untuk mewajibkan beberapa jenis vaksin untuk anak usia dini. Namun, vaksinasi harus diberikan sesuai ketentuan. Ketentuan pemberian vaksinasi antara lain sesuai jadwal yang telah ditetapkan dan juga anak dalam kondisi sehat. Anak yang barusaja diberi vaksin pasti mengalami beberapa efek samping ringan. Hal ini dikarenakan tubuh sedang dilatih untuk melakukan pertahanan terhadap hal asing yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu ciri bahwa tubuh sedang melakukan pertahanan yaitu meningkatnya suhu tubuh. Maka, tak jarang bayi akan mengalami demam dan panas karena tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap benda asing yang masuk tersebut.

Bila tidak diberi imunisasi, maka pencegahan penyakit dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal juga bisa dilakukan. Obat herbal yang biasa diberikan untuk melakukan pencegahan penyakit adalah habbatussauda dan madu murni. Alam memang selalu menyediakan obat. Namun, itupun perlu diperhatikan dosis dan ketentuan lain-lain. Anda tentunya harus lebih mengerti dan paham terhadap obat-obatan herbal. Tidak asal memberikan. Walaupun herbal, pastinya ada dosis dan cara penyajian tertentu agar fungsi obat dapat bekerja secara efektif. Jangan sampai Anda memberikan dosis yang tidak sewajarnya karena pasti akan menimbulkan efek samping yang mana akan lebih parah daripada memberikan obat kimia buatan pabrik.

Pihak tenaga medis di Indonesia sejatinya telah memberikan yang terbaik untuk masyarakat agar sehat dan tidak terjangkit virus-virus yang menyebabkan berbagai penyakit. Bagi orang tua, baiknya Anda berikan yang terbaik untuk buah hati Anda sedari kecil agar tidakĀ  terserang penyakit yang tidak diinginkan misal penyakit Polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Anda dapat membuka situs Wyeth Parenting untuk mendapatkan banyak informasi mengenai bagaimana metode menjadi orang tua yang berilmu. Situs tersebut banyak sekali wawasan modern mengenai bagaimana menjadi orang tua di era modern yangmana pemikiran primitif kini telah dibuktikan benar tidaknya dengan berbagai penelitian. Salah satunya yaitu pentingnya imunisasi untuk anak Anda agar tetap sehat, aktif dan cerdas sehingga mampu berprestasi di usia emasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *